Tuesday, September 09, 2008

Orang orang tabah

Ada sebuah cerita,tentang orang yang tabah menghadapi cobaan.
Sekelumit cerita tentang pengalaman salah seorang sahabat.

alkisah,sahabat saya (E) bekerja di sebuah perusahaan ternama di Jakarta, harus mengganti uang 95 juta pada hari H,terhadap salah satu klien perusahaanya. Hal ini sebenarnya bisa dihindari, apabila ada orang yang mau mengakui kesalahannya dan berkata: Ini salah saya, saya kurang teliti mengeceknya.saya minta maaf, bagaimana kalau kita selesaikan bersama?
hanya sepenggal kalimat simpel....
tapi banyak sekali kejadian2 seperti ini terjadi di praktek kehidupan sehari hari, banyak orang tidak mau mengaku kesalahannya, diam saja, atau bahkan menimpakan beban kesalahan itu terhadap orang lain.
ck...ck...ck...
hidup, memang perlu ketabahan.
seperti kasus yang dialami sahabat saya, karena authorizernya (selayaknya ibu sendiri bagi dia di kantor), dengan entengnya menanggapi keluhan klien yang merasa dirugikan dengan berkata: iya, maaf pak.memang ada kesalahan dari anak anak kami, mereka kurang teliti,si H (sahabat saya disebutkan namanya)tadi kurang teliti mengeceknya.
Subhanallah...
padahal draft 90 juta tersebut sebenarnya melalui beberapa tahap pengecekan, dimana notabene yang mengecek adalah semua tim dari bagian perusahaan itu.
Karena nama sahabat saya terlanjur disebut oleh atasannya, padahal kesalahan fatal bukanlah ditangan dia..
untuk mempertahankan harga diri, E bilang: ok, saya akan ganti semuanya.
satu hal yang membuat E terluka adalah: satu-satunya orang yang dia hormati, yang selalu dia tolong,berperilaku yang tidak adil terhadap dia.Dan orang yang sepenuhnya bertanggungjawab mengakui kesalahan yang terjadi hanya diam saja.
Inilah salah satu contoh orang orang yang kurang bertanggungjawab.
Meskipun demikian, ada hikmah dibalik semua itu..
E mulai sekarang lebih teliti dalam bekerja,dan setidaknya dia tidak harus jatuh bangun membantu atasannya karena atasannya sekarang merasa kurang enak untuk meminta bantuan dia dan jarang menyuruhnya.walhasil, E mendapatkan kembali uangnya 90 juta setelah sekian hari diurus, dan karena menunggu kurs dolar singapore bagus, E mendapatkan 300ribu.300 ribu mungkin bonus atas kebaikan E handle masalah ini, tapi luka yang sudah tergores...sangat membekas...
E sudah memaafkan teman teman kantornya, begitu juga atasannya.
Satu hal yang kita petik,masih ada beberapa orang tabah di dunia ini...meskipun penghianatan, kejahatan, kebohongan, masih jadi common practice di hidup ini..

No comments: